raja-ampat
Raja Ampat, Papua Barat, Indonesia (Photo by http://www.indonesia.travel)

Kepulauan Raja Ampat adalah sebuah kabupaten yang menjadi bagian dari Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini terdiri dari 4 pulau besar yaitu Pulau Waigeo, Batanta, Salawati dan Misool, dan 1.847 pulau-pulau kecil. Pusat pemerintahan berada di Waisai, Distrik Waigeo Selatan, sekitar 36 mil dari Kota Sorong (RajaAmpat).

hotels room

Cari Hotel / Resort Terbaik di Raja Ampat, Papua Barat

Karena keindahan pemandangan bawah lautnya, kebanyakan wisatawan yang datang ke Raja Ampat saat ini adalah para penyelam. Namun sebenarnya lokasi ini menarik juga bagi turis non penyelam karena juga memiliki pantai-pantai berpasir putih yang sangat indah, gugusan pulau-pulau karst nan mempesona dan flora-fauna unik endemik seperti cendrawasih merah, cendrawasih wilson, maleo waigeo, beraneka burung kakatua dan nuri, kuskus waigeo, serta beragam jenis anggrek.

Raja Ampat Islands - Kepulauan Raja Ampat
Kepulauan Raja Ampat (Photo By Jonathan Chase – Chase J (2012) Which Came First: Burden of Infectious Disease or Poverty? PLoS Biol 10(12): e1001457. doi:10.1371/journal.pbio.1001457, CC BY 2.5, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=23745866)

Mengunjungi kepulauan ini tidaklah terlalu sulit walau memang memakan waktu dan biaya cukup besar. Untuk menuju ke Raja Ampat, titik awal yang harus anda tuju pertama kali adalah kota Sorong di Papua Barat. Kode IATA untuk bandara Sorong adalah SOQ.

Kita dapat menggunakan maskapai penerbangan dari Jakarta atau Bali dengan tujuan Sorong via Makassar atau dapat juga via Ambon dan Manado.


Find Hotels: Hotels in Sorong  |  Hotels in Raja Ampat
Find Things To Do:  Things To Do in Raja Ampat  |  All Things To Do in Indonesia