Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo

Berada di provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Komodo memiliki luas 173.300 ha yang meliputi wilayah daratan dan lautan. Taman Nasional ini memiliki lima pulau utama yakni Pulau Komodo, Pulau Padar, Pulau Rinca, Gili Motang, Nusa Kode dan juga pulau-pulau kecil lainnya.

Kepulauan tersebut dinyatakan sebagai Taman Nasional untuk melindungi Komodo yang terancam punah dan habitatnya serta keanekaragaman hayati di dalam wilayah tersebut. Taman lautnya dibentuk untuk melindungi biota laut yang sangat beragam yang terdapat di sekitar kepulauan tersebut, termasuk yang terkaya di bumi.  Di sini terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia, yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia (Wikipedia).

Komodo Dragon
Komodo

Daya tarik utama Taman Nasional Komodo yaitu adanya reptil raksasa purba Biawak Komodo (Varanus komodoensis), tetapi keaslian dan kekhasan alamnya, khususnya panorama savana dan panorama bawah laut, merupakan daya tarik pendukung yang potensial. Wisata bahari yang bisa anda lakukan di Taman Nasional ini misalnya memancing, snorkeling, diving, kano, dan bersampan. Sedangkan di daratan, potensi wisata alam yang bisa dilakukan adalah pengamatan satwa, hiking, dan camping.

hotels room

Cari Hotel / Resort Terbaik di Labuan Bajo

Terumbu karang di perairan Taman Nasional Komodo termasuk yang terindah di dunia. Berbagai bentuk dan warna karang keras dan karang lunak sangat menarik untuk dilihat. Terdapat lebih dari 1000 jenis ikan, 260 jenis karang dan 70 jenis bunga karang (sponge) dan banyak invertebrata lain yang dapat dijumpai di banyak tempat di Taman Nasional ini.

Pada 23 Januari 2017 lalu, pebalap MotoGP Valentino Rossi berkunjung ke Taman Nasional Komodo untuk liburan. Foto-foto sang maestro balap motor tersebut beredar di beberapa akun media sosial. Rossi sendiri menggunggah foto-foto liburannya melalui akun instagram pribadinya @valeyellow46.

Valentino Rossi di Taman-Nasional Komodo
Valentino Rossi di Taman-Nasional Komodo (https://www.instagram.com/p/BPxBFEAF3OO/)

Untuk menuju ke Taman Nasional Komodo, titik awal yang harus anda tuju adalah Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur. Tersedia jalur transportasi melalui udara maupun laut untuk mencapai Labuan Bajo. Jika melalui udara, bandar udara tujuannya adalah Labuan Airport  atau Komodo Airport (IATA code: LBJ). Tersedia rute penerbangan langsung dari Jakarta atau bisa juga dengan transit di Denpasar terlebih dahulu.


Find Hotels:  Hotels in Labuan Bajo 1  |  Hotels in Labuan Bajo 2
Find Things To Do:  Things To Do in Taman Nasional Komodo  |  All Things To Do in Indonesia