Beach at Wakatobi Island
Beach at Wakatobi Island

Taman Nasional Wakatobi (TNW) merupakan salah satu taman nasional laut terluas yang ada di Indonesia. Terdapat empat pulau utama di wilayah perairan Wakatobi, yaitu pulau Wangi-Wangi, pulau Kaledupa, pulau Tomia, dan pulau Binongko. Nama Wakatobi adalah singkatan dari nama keempat pulau tersebut.

Mengutip dari situs Wakatobi National Park, wilayah Wakatobi terdiri dari 67 desa/kelurahan dan delapan kecamatan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Wakatobi di Propinsi Sulawesi Tenggara.

Wakatobi Beach, Indonesia
Wakatobi Beach, Indonesia (Photo By Jenny from Taipei – Wakatobi beach, CC BY 2.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=9547145)

Perairan Taman Nasional Wakatobi tergolong masih bersih dan belum terlihat adanya pengaruh kegiatan manusia seperti limbah rumah tangga. Perairan ini berada pada wilayah “Coral Tri-Angle” atau wilayah segitiga terumbu karang, yaitu wilayah yang memiliki keanekaragaman terumbu karang dan keanekaragaman hayati laut lainnya (termasuk ikan) tertinggi di dunia. Wilayah ini meliputi Filipina, Indonesia sampai Kepulauan Solomon.

Bagi anda yang menyukai keindahan alam bawah laut dapat melakukan beberapa kegiatan disini, seperti berenang, menyelam dan snorkeling untuk melihat gugusan terumbu karang yang indah dan berbagai hewan bawah laut.

hotels room

Cari Hotel / Resort Terbaik di Wakatobi

Pintu gerbang utama untuk memasuki kawasan TNW adalah melalui Wanci di Pulau Wangi-Wangi. Dari ibu kota provinsi (Kendari), Wanci dapat ditempuh melalui perjalanan laut. Ada 2 rute perjalanan laut dari Kendari untuk menuju Wanci yaitu yang pertama rute Kendari – Bau-Bau – Wanci, dan yang kedua melalui rute Kendari – Wanci secara langsung.

Rute Kendari – Bau-Bau – Wanci ditempuh dengan menggunakan kapal cepat (Motor Vessel) menuju Bau-Bau dengan waktu tempuh ± 5 jam. Jenis kapal cepat ini melayani rute Kendari – Bau-Bau pp 2 kali dalam sehari. Selanjutnya dari Bau-Bau ke Wanci dilanjutkan dengan menggunakan kapal kayu selama ± 9 jam.

Sementara rute Kendari – Wanci dapat ditempuh secara langsung dengan menggunakan kapal kayu secara reguler 2 kali seminggu dengan waktu tempuh ± 12 jam.

Lebih lengkap mengenai aksesibilitas menuju perairan Wakatobi termasuk bulan-bulan yang disarankan dapat anda baca di situs Wakatobi National Park.

Untuk menuju kota Kendari, kita dapat menggunakan penerbangan langsung dari beberapa kota di Indonesia seperti Medan, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. Kode IATA untuk bandara di kota Kendari adalah KDI.


Cari Hotel: Hotel di Kendari  |  Hotel di Wakatobi  | Hotel di Sulawesi Tenggara
Cari Things To Do:  Semua Things To Do di Indonesia